Saturday 9 May 2015

Puncak Garuda Merapi Via New Selo

Assalamu’alaikum.wr.wb

Hay guys ketemu lagi nieh dengan cowok ganteng,,haha
Oke guys langsung saja ya,kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya nanjak ke Puncak Garuda Merapi kemarin tgl 25 april 2015.
Oke guys langsung saja,Base Camp merapi vi selo terletak di bawah wisata NEW SELO,di base camp BARA MERU,untuk sedikit referensi saja kemaren biaya registrasi itu Rp.15.000 ribu per orang dengan meninggal KTP dan parkirnya itu Rp.5.000 per motor.

ini adalah basecamp barameru guys.

perjalanan kita dari basecamp sampai Puncak Garuda Merapi nanti kurang lebih skitar 4 sampai 5 jam.
  Sudah siapkah anda,mari kita mulai perjalanan kita guys,semangat 45 ya,,haha
dari basecamp nanti kita akan melewati joglo New Selo,New Selo adalah tempat wisata untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah,,tapi kali ini kita tidak akan membahas new selo,sampai sini saja temen saya sudah ngos-ngosan,,tp perjalanan baru di mulai guys,,semangat,,jalur pendakian berada di sebelah kiri,,kita akan melewati jalan kecil seperti jalan yang di buat warga untuk mengambil sayuran dan tanaman yang ditanam warga di atas. jalur y masih mudah sampai nanti pos 1.jalan yang kita lewati masih batu-batuan kecil dan tanah,pada musim kemarau mungkin akan sangat berdebu,sebaiknya persiapkan masker,tapi saat ini saya mendaki saat musim hujan guys,sebaiknya kalau nanjak ke merapi lebih baik menggunakan sepati,,karena trek nya penuh dengan bebatuan yang besar dan tajam,setelah sampai pos 1,kita istirahat sejenak. Karena kita nanjaknya pada musim hujan dan cuaca kurang mendukung sampai pos 1,sudah badai dan kabutnya sangat tebal guys. Tapi semangat kita masih kuat guys,kita melanjutkan perjalanan ke pos 2. Dari sini kita akan melewati jalur yang curam dan bebatuan yang besar,sebaiknya harus ekstra hati-hati guys,dan harus jaga jarak,karena mungkin batunya bisa menggelinding. Sebelum sampai pos 2 sudah banyak yang ngecamp,karena cuacanya emang tiak mendukung,tapi saya dan teman-teman tetep ingin melanjutkan sampai pasar bubrah. Dari pos 2 nanti kita akan melewati batu besar yang sering di sebut Watu Gajah,karena badainya semakin kencang dan kondisi kita yang sudah kedinginan kita memutuskan untuk mencari tempat untuk ngecamp,setelah watu gajah ada banyak tempat untuk mendirikan tenda,dan  ada pepohonan untuk sedikit berlindung dari badai.
  Berrrr anginnya kenceng banget guys,kita sampai kesusahan untuk mendirikan tenda,ditambah kondisi tempatnya yang bebatuan membuat kita sulit untuk menancapkan pancang,tapi setelah tenda sudah siap kita begegas masuk,,keburu dingin.

Kita akan melanjutkan perjalanan ke puncak pada pagi hari,dan berharap badai dan kabut sudah berlalu,tapi pas bangun ternyata badai dan kabutnya masih guys,,kita sudah hampir putus asa,tapi kalau di pikir-pikir puncak sudah di depan mata,tapi karena kondisi alam yang tidak memungkinkan, ya walupun tidak sampai puncak,,setidaknya kita bisa sampai Pasar Bubrah,dan kami pun melanjutkan perjalann kita sampai pasar bubrah,dan tendanya kami tinggal,setelah sampai pasar bubrah tak terlihat pemandangan sedikitpun karena kabutnya yang tebal. Demi keselamatan kita berhenti sampai sini dan memutuskan untuk kembali ke tenda,karena kabut kita memutuskan untuk turun saat kita mempersiapkan untuk turun ternyata ada keajaiban,temen ku yang berada di luar untuk foto-foto,,tiba-tiba berteriak dan memanggil saya,ternyata kabutnya tiba2 hilang dan subhanallah kita menyaksikan pemandangan yang sangat indah,tapi itu tak berlangsung lama,kabut datang lagi,tapi setelah beberapa menit kabut seolah kabur tertiup angin dan pemandangan yang sangat indah terlihat lagi,dengan view awan dan gunung-gunung di sekitar kita,tentunya kita tidak menyia-nyiakan momen langka ini,,kami berfoto-foto dengan kesempatan yang di beri tuhan untuk kita semua,

inilah bonus atas perjuangan kita,perjalan kita tidak sia-sia guys,setelah puas berselfi ria kita memutuskan untuk segera turun agar tidak turun hujan.Walaupun kita tidak sampai puncak tapi ada kepusan tersendiri,,yang terpenting bukan kita bisa sampai puncak,tapi perjalanannya,,nikmatilah perjalanmu,dan yang terpenting bawalah sampah mu turun guys,pendaki sejati tidak nyampah di gunung,jaga selalu demi kelestariaan alam.

Oke guys sampai sini dulu,tunggu cerita saya selanjutnya insyaallah ke Gunung Lawu.