Monday 27 April 2015

Keindahan Sabana Gunung Merbabu Via Suwanting

Puncak gunung merbabu dengan ketinggian 3142 mdpl,yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah kabupaten magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota salatiga dan Kabupaten semarang di lereng sebelah utara, Provinsi jawa tengah.

Sabana
Assalamu'alaikum.wr.wb

Hay guys,,apa kabar kawan,semoga sehat selalu.

Oke guys lansung saja,kali ini saya akan menyampaikan sedikit pengalaman saya mendaki Gunung Merbabu  via Suwanting. Saat pertama ingin muncak kita pilih-pilih,dari jalur mana kah kita akan ke puncak,dan kami putuskan untuk lewat jalur yang baru saja di buka tahun 2015,yaitu jalur suwanting.suwanting terletak di  Dusun Suwanting,Desa Banyuroto,Kecamatan Sawangan,Kabupaten Magelang,tepat ya dari wisata Ketep Pass lurus terus sampai ketemu tugu kuning suwanting di kiri jalan,berikut fotonya,

Tugu Dusun Suwanting

tak lama dari tugu tadi kita akan sampai di base camp suwanting.

Setelah sampai di base camp,zaa seperti biasa kita daftar dulu dan sebelum kita nanjak,kita akan di beri pengarahan oleh yang punya base camp.

Oke guys,setelah persiapan selesai,,perjalanan dimulai dari base camp ke pos 1

Pos 1
Pos 2
perjalanan uda langsung nanjak,dan kita akan melewati rumah-rumah penduduk dan ladang para warga. Setelah melewati rumah-rumah warga dan ladang,kita akan mulai memasuki hutan,kita akan lansung di sambut oleh hutan pinus,dengan pemandangan indah di sekitarnya.

Setelah melewati hutan pinus setelah beberapa menit kita sudah sampai pos 1,mungkin jarak antara base camp ke pos 1 gak terlalu jauh. Setelah sampai pos 1,masih semangat kah anda,tentunya SEMANGAT dunx guys.haha
     Oke kita lanjut lagi ya guys,dari pos 1 ke pos 2 mungkin agak lebih jauh daripada base camp ke pos 1,,dalam perjalanan dari pos 1 ke pos 2 kita akan melewati hutan dan melewati beberapa lemba sebaik ya selalu hati-hati dan selalu berdoa ya guys.ya sekitar 1 jam an lebis kita akan sampai di pos 2.,tp perjuangan masih panjang guys,karena perjalanan dari pos 2 ke pos 3 ini akan lebih menggunakan tenaga yang strong tentunya,karena treknya nanjak trus guys dan mungkin ini lebih jauh lagi. Tapi anda tak perlu kuwatir karena warga telah membuat jalur melingkar agar lebih landai,dan jalurnya itu ada di sebelah kanan guys,dan dalam perjalanan banyak pos-pos bayangan yang pasti bisa untuk ngeCAMP untuk para pendaki yan mungkin sudah memang tak kuat lagi.
    Oke guys atas jerih payah dan perjuangan kita,di bawah pos 3 kita akan melewati mata air,dan ke atas sedikit sudah pos 3 guys.

Mata Air
Pos 3
 Oia pengalaman saya kemaren,saya dari base camp sekitar jam 5 sore dan sampai pos 3 itu sekitar jam 12 malam guys. Ya sekitar 7 jam baru sampe pos 3,tapi itu jalannya santai guys,mungkin beda dengan yang lain,saya da teman-teman memutuskan untuk ngeCAMP di pos 3,karena memang sudah malam dan kondisi badan sudah gak fit,dan kami putuskan untuk melanjutkan pagi,setelah bangun pagi dengan kondisi tidak kabut kita bisa menikmati keindahan tuhan di sekitar kita.

Tapi perjalanan tidak sampai sini guys,karena keindahan SABANA dan Puncak telah menunggu kita guys,SEMANGAT. Perjalanan dari pos 3 sampai puncak masih sekitar 3 jam an guys, Setelah dari pos 3 kita akan melewati sabana yang begitu luas dan tentunya dengan keindahannya,ditambah view dari
Gunung Merapi,woooouuw indahnya ciptaan tuhan.
Sabana

Perjungan kita terbayarkan setelah sampai di sabana guys,tidak menyesal pokoknya,lain waktu saya pengen kesana lagi.
PUNCAK TRIANGGULASI
     Menurut saya pemandangan yang paling indah dalam perjalanan ini waktu berada di sabana ini,dan puncak adalah bonus guys.
 Ya setelah melewati beberapa sabana kita akan segera sampai di Puncak Trianggulasi dan Puncak Kenteng Songo guys.
PUNCAK KENTHENG SONGO
Selamat buat para pendaki yang sudah sampai puncak,tapi yang perlu di ingat bahwa pendaki sejati pasti sadar kalau sampah harus di bawa turun,jaga selalu alam ini agar tetap lestari,indah dan anak cucu kita masih bisa menikmati keindahan tuhan ini.
      Oke guys skian sedikit pengalaman saya,mungkin bisa sedikit menjadi refrensi buat anda semua.lihat juga kumpulan foto di merbabu via suwanting,puncak merapi via selo.
Lihat juga yuk videonya di youtube

Wassalam'alaikum.wr.wb

1. Ijin share boleh mas bro ?? ane pasti setakan sumbernya deh :)

1. monggo,,slahkan mas brow,,byar banyak yang tau

2. Itu transportasinya kalau dari stasiun lempuyangan pake apa ya mas buat smp ke basecamp suwanting? Minta infonya mas saya mau kesana bulan depan dari bdg. Makasih

3. This comment has been removed by a blog administrator.